Selasa, 05 Oktober 2010

DESAIN PEMODELAN GRAFIK

DESAIN PEMODELAN GRAFIK

            Desain pemodelan grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.
          Desain Pemodelan Grafik juga berkaitan erat dengan grafik computer. Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
©   Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
©    Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
©  Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu. 
Kerangka Grafik Komputer
©     Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System.
©  Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
©     Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
©     Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.

1. Pemodelan Geometris
       Pemodelan Geometris merupakan transformasi dari suatu konsep atau suatu benda nyata ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu computer berupa : shape/bentuk, posisi, orientasi (cara pandang), surface properties/cirri-ciri permukaan (warna, tekstur), volumetric properties/ciri-ciri volumetric (keebalan/pejal, penyebarab cahaya), lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
       Terdapat juga pemodelan grafis yang lebih rumit seperti :
©      Jala-jala segi banyak yaitu suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
©  Bentuk permukaan bebas yaitu menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
©     CSG yaitu membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk primitif.
Grafik Komputer 2D
    Grafik kompuer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik, sebagai contoh adalah gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, lingkaran dsb. Grafik kompute 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang hanya mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun dll.
Grafik Komputer 3D
     Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

2. Rendering
       Rendering merupakan teknik untuk membuat obyek tampak lebih hidup. Perintah render ini tergabung dalam toolbar Render. Pada teknik render ini anda dapat menggunakan warna dasar (merah, kuning, hijau, dll) atau dengan memberikan material pada obyek-obyek tersebut. Selain pemberian warna ataupun material, dapat juga obyek tersebut diberi efek pencahayaan dan latar belakang.

3. Animasi
       Animasi adalah membuat gambar-gambar atau benda yang diam (mati, inanimate) menjadi seakan bernyawa, dan hidup.
       Gerakan animasi biasanya juga disebut ilusi, karena secara teknis, animasi merupakan rangkaian gambar diam (still images) yang disusun berurutan berdasarkan uraian anatomi suatu gerakan.
       Berdasarkan bentuknya, animasi menjadi 3 golongan:
·         2D Animation : Animasi 2 dimensi, datar flat.
·         3D Animation : Animasi yang menggunakan model 3 dimensi untuk digerakan, baik secara manual dangan tangan (stop motion, clayanimation, puppeteers), elektronik  atau robotik (animatronik, motion capture) atau yang paling mutakhir adalah secara virtual atau dunia maya dalam komputer.
·         Hybrid atau Mixed Media: Campuran kedua animasi diatas.



0 komentar:

Posting Komentar